Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sectore Rusak Parah

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sectore Yang Rusak Parah - Sebelumnya saya sudah membahas tentang Pengertian Hardisk Berserta Fungsinya, Nah pada kali ini saya akan melajutkan ke tentang permasalahan pada Hardisk. Yakni tentang Mengatatasi Hardisk Bad Sector.

Gambar Ilustrasi Hardisk Bad Sector Yang Parah

Apa Itu Bad Sectore ?

Istilah Bad Sector adalah sebuah kerusakan pada suatu Media Peyimpanan yang mengalami kegagalan (Rusak) atau masalah serius lainnya, salah satunya pada Hardisk. Dan ada beberapa faktor yang menyebabkan Hardisk mengalami Bad Sector, di antaranya :
#1. Kerusakan Hardware
Kerusakan secara fisik karena Hardware atau Hardisk yang mendapatkan benturan fisik yang cukup keras pada suatu benda yang mengakibatkan terjadi perubahaan pada bagian dalam Hardisk. Kerusakan pada bagian hardware ini memang sangatlah sulit untuk di perbaiki.

Terutama sampai Hardisk menjadi mati total "Matot", tapi bukan berartian kemungkinan untuk di perbaiki tidak ada. Melainkan ada beberapa teknik khusus untuk cara penanganan untuk kasus ini, hanya saja kemungkinan keberhasilan Relative kecil.
#2. Kerusakan Terkait Software
Kerusakan secara software karena sebuah perangkat lunak (Software) atau Sitem Operasi yang mengalami kegagalan pada sistem tertentu seperti Driver sudah usang, OS jarang di update, sering gonta-ganti OS/Install Ulang, Mematikan komputer tidak benar.

Hardisk yang mengalami Bad Sector terkait masalah yang terjadi pada Software, tingkat dari kemungkinan dan keberhasilan untuk di perbaiki memang sangatlah besar, berbeda dengan kerusakan pada bagian hardware.

Ciri-Ciri Hardisk Yang Mengalami Bad Sector

  1. Komputer sering nge-hang (not responding) atau nge-freze (membeku).
  2. Kinerja Hardisk berkurang, terutama dalam Membaca dan Menulis (RW).
  3. Terkadang terjadi BSOD " Blue Screen Of Death"
  4. Booting terasa lebih berat dan lama dari biasanya.
  5. Terkadang terdengar suara "Beef" tapi selanjutnya proses Booting lancar.
  6. Terdengar suara-suara 'krek,kresek' kecil dari dalam Hardisk.
  7. Komputer terkadang restart sendiri.

Lalu Bagaimana Cara Memperbaikinya ?

Ada banyak cara dan teknik khusus untuk penanganan masalah bad sector, untuk itu disini saya hanya memberi beberapa cara rekomendasi dalam mengatasi bad sector. tetapi bukan berartian cara yang di berikan akan sepenunya berhasil.

#1. Cara Pertama - Menggunakan Tools Victoria

Victoria adalah sebuah Tools yang terdapat dalam Software Hiren's Boot CD, Victoria ini dapat melakukan perbaikan pada hardisk seperti menghapus atau memperbaiki bad sector secara cepat, mengoptimalkan & memecahkan masalah pada hardisk dan memetakan bad sector secara jelas.

Sebelum kita lanjut, Ada beberapa hal yang harus Anda di persiapkan, di antaranya :

  1. CD atau Flashdisk Bootable yang berisi Hiren's Boot.
  2. Jika belum punya Bootablenya, Silakan baca juga tentang : Cara Membuat Bootable Hiren's BootCD ke Flashdisk.
  3. Sebagai bahan percobaan, kali ini jenis hardisk yang akan di perbaiki ialah hardisk PC atau Laptop. Dalam percobaan ini kita tidak perlu untuk melakukan pengecekan pada komputer lain. Karena Hiren's BootCD sendiri bisa langsung di booting melalui Flashdisk.
  4. Setting Hardisk menjadi "Primary Master dan jadikan Flashboot Hiren's menjadi Firs Boot.

Untuk melakukan proses Scanning pada hardisk, agar kita bisa melihat bagian mana saja yang terkena bad sector menggunakan Tool dari software Hiren's "Victoria", Sebelumnya Anda harus melakukan Format Hardisk terlebih dahulu atau dengan kata lain Menon-Aktifkan partisi Hardisk agar tidak di tampilkan pada drive sistem Mini Windows Hiren's.

Lalu Bagaimana Cara Format/Deaktive Partisi Hardisk ?

Untuk mem-Format Hardisk atau membuat Partisi  Hardisk menjadi "Unallocated" kita bisa menggunakan tools yang ber-nama 'Mini-Tools Partition Wizard' yang memang sudah ada dalam Software Hiren's BootCD. Kurang lebih tampilan Toolsnya seperti gambar di bawah ini.
Gambar Mini Partition Wizard
Mini-Partition Wizard

Cara menggunakan Mini-Tools Partition Wizard untuk melakukan Format Hardisk sebagai berikut :
Perlu di perhatikan bahwa mem-Format Hardisk/Deactive partisi akan menghapus Semua Partisi yang ada dalam Hardisk, termasuk akan menghapus Sistem Operasi yang sudah terinstall.

Cara ini hanyalah cara Opsional agar proses Perbaikan Bad sectore berjalan sempurna dan Anda bisa lebih leluasa dalam mengakses Bad Sector. Jadi jika tak ingin mem-Format HDD, silakan abaikan cara ini atau bisa langsung ke proses selanjutnya.

  1. Setelah masuk ke tampilan Awal dari Software Hiren's BootCD, pilih menu Mini Windows XP.
  2. Proses kecepatan dalam menampilankan jendela Mini Windows tergantung dari seberapa parah kerusakan pada hardisk itu sendiri, di tunggu saja sampai selesai.
  3. Setelah kita masuk ke tampilan Jendela Mini Windows, lalu pilih Menu 'HBCD' pada dekstop.
  4. Pada tampilan menu Hiren's, klik Program => Partition/Boot/MBR => Partition Wizard.
  5. Setelah itu nanti tools ini akan menampilkan jumlah partisi yang ada dalam Hardisk.
  6. Selanjutnya langkah terkahir adalah pilih partisi mana yang akan di Format, lalu klik tombol 'Delete'.
  7. Disarankan untuk men-Delete semua partisi yang ada shingga menjadi satu partisi dan berstatus 'Unlocated'.
Setelah semuanya sudah selesai, Langkah selanjutnya yaitu melakukan scanning pada Hardisk. Untuk cara melakukan scanning dengan Vitoria, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Pada jendela Hiren's BootCD, klik Program => Testing => Victoria (HDD Info/Test).
  2. Kurang lebih tampilannya akan seperti ini.
    Gambar Tools Victoria
    Tools Victoria
  3. Untuk memulai Scanning, Tekan tombol Start.
  4. Perhatikan kembali Gambar di atas, Pada bagian Sidebar terdapat beberapa indicator warna yang menunjukan keadaan Hardisk.
  5. Indicator berwarna Hijau dan orange menandakan keadaan hardisk yang setengah mati, lalu indicator berwarna Merah dan Biru menandakan Hardisk dalam keadaan  rusak berat atau parah.
  6. Dalam Proses Scanning Hardisk yang terdapat banyak bad sector, proses scan akan begitu lama. maka dari itu Anda tidak perlu meng-scann secara menyeluruh. Sebagai percobaan sebelumnya, disini kita akan melakukan scanning mulai dari [ Start : LBA 500,000,00]. sebagai bahan perkiraan, disini kita beramsumsi bahwa mulai dari sector 0 (Nol) sampai sector 500,000,00 terdapat salah satu sector yang Bad (Buruk).
  7. Anda bisa langsung memulai scanning dari LBA tertentu atau melompati beberapa sector lainnya. Tinggal masukan angka yang anda inginkan lalu tekan tekan tombol 'Start LBA'.

Jika Anda mencoba scanning pada 'Start LBA 500,000,00' dan hasilnya indicator tidak menunjukan hasil apapun tentang Bad Sector, maka Anda bisa melipatkan gandakan angka tersebut di atasnya, example dari 'LBA 400,000,00'.

Tahap Penyelesaiaan Masalah Bad Sector

Teknik yang akan di gunakan adalah dengan menggunakan teknik melompati partisi Hardisk yang terkena bad sector. Partisi yang rusak nanti akan di de-aktive kan (tidak digunakan) atau di Filter (saring atau di pisahkan).

Jadi hanya partisi tertentu dan bagus saja yang akan terpakai untuk menyimpan data atau menyimpan file sistem operasi. Dan untuk partisi yang terkena bad sector tadi tidak akan di baca (skip).

Nah disini yang terjadi masalah adalah kita tidak tahu pasti letak sector partisi mana yang mengalami kerusakan (bad). Mesikipun Victoria sudah menampilkan secara jelas, tetapi disitu ditampilkan dalam bentuk LGA/luas sectore bukan dalam hitungan Gigabytes (GB) ataupun Megabytes (MB). Karena nanti saat pembuatan sebuah partisi hitungannya GB/MB bukan LGA.

Karena kita tidak mengetahui hitungan LBA ke GB, jadi proses pembuatan partisi baru pada hardisk percobaan di atas di perkirakan saja. Jika tadi proses scanning hardisk pada sector Start di LBA 500,000,00 sampai dengan terakhir pun tidak jadi masalah, Maka di perkirakan dari total kapasitas hardisk sekitar 500 GB dan setengahnya terkena bad sectore. Atau 250 GB pertama terkena bad sectore dan 250 GB kedua di perkirakan masih bagus.

Untuk dapat membuat dan mem-Filter partisi hardisk yang diperkirakan sudah rusak dengan yang masih baik adalah dengan cara sebagai berikut :
Gambar Langkah Membuat Partisi Baru
Membuat Partisi Baru

  1. Pada jendela mini-Partition Wizard, pilih partisi yang tadi berstatus (unallocated) lalu kemudian Klik 'Create New Partition'
  2. Berikan nama pada Label Partisi.
  3. Jika Partisi tersebut digunakkan hanya untuk kepentingan data biasa, pastiken memilih jenis Type 'Logical' tapi jika data tersebut buat kepentingan file Sistem Operasi (OS), rubahlah menjadi Type 'Primary'.
  4. Perlu di perhatikan pada bagian "ukuran dan lokasi" disini Anda harus mengalokasikan Ukuran dari partisi yang akan di buat. Pada percoban hardisk di atas, disini saya mengalokasikan julmlah sekitar 125 GB untuk type Logical dan 125 GB untuk type Primary. Berarti masih ada sisa 250 GB yang tadi di perkirakan bad sector.
  5. Jika Anda sudah berhasil membuat partisi baru tersebut, Anda bisa langsung mengecek partisi yang di buat tadi dengan cara pilih Partisi => klik kanan => pilih Surface Test. Kurang lebih tampilannya akan seperti ini.
    Gambar Tampilan Disk Suraface Test
    Surface Test Disk
  6. Anda bisa langsung memulai scanning dengan meng-klik Start, dalam proses scaning di atas menunjukan bahwa partisi yang tadi di buat tidak menjukan error atau terdapat bad sector.
Setelah mendapatkan hasil seperti di atas yang menandakan partisi itu baik-baik saja, Anda bisa mengujinya dengan menginstall Sistem Operasi dan memasukan data-data lainnya. Jika tidak perubahan, sudah di pastikan kini hardisk tersebut kembali dengan normal.

#2. Cara Kedua - Menggunakan Tools Bawaan Windows

Windows merupakan Sistem Operasi (OS) yang di kembangkan oleh Microsoft, Untuk itu Windows juga memberikan sebuah Tools untuk FIX Masalah pada Hardisk seperti Fix Bad Sectore dan masalah Drive lainnya.

Tools ini tidak menjamin bisa memperbaiki bad sector seleruhnya atau lebih tepatnya alat ini akan memindai dan memperbaiki atau menyusun kembali bagian-bagian file yang rusak pada sistem. Jadi tools ini hanya untuk perawatan Drive dan meminimalisir penyebaran bad sector.
Berikut cara dan langkahnya :

1. Buka Windows File Explorer, pilih Drive yang akan di Cek, Lalu klik kanan dan pilih 'Properti'.
Gambar Langkah 1 Memperbaiki Bad Sector Dengan Tools Windows
Gambar Langkah 1
2. Pada jendela Properti, pilih TAB 'Alat' lalu klik tombol 'Periksa'.
Gambar Langkah 2 Memperbaiki Bad Sector Dengan Tools Windows
Gambar Langkah 2
3. Selanjutnya tekan tombol 'Pindai Drive'.
Gambar Langkah 3 Memperbaiki Bad Sector Dengan Tools Windows
Gambar Langkah 3
4. Tunggu sampai proses Pemindaain Kesalahan Drive Selesai.
Gambar Langkah 4 Memperbaiki Bad Sector Dengan Tools Windows
Tunggu Sampai Proses Selesai
Nah sampai disini anda sudah bisa memperbaiki atau meminimalisir penyebaran dan pencegahan Bad Sector.

Akhir Kata :
Akhirnya selesai juga kita mengulas tentang permasalahan kerusakan pada Hardisk, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk kawan-kawan semua baik yang mendapatkan masalah pada hardisknya maupun hanya sekedar pengetahuan saja. Untuk lebih jelasnya tentang Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sectore, Anda bisa mengunjungi Sumber Artikelnya Disini.

2 Responses to "Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sectore Rusak Parah"

◢ Notes :
✔ Berkomentarlah dengan baik dan sopan.
✔ Harap berkomentar sesuai dengan topik pembahasan.

✖ Dilarang membuat keributan.
✖ Dilarang menyertakan link aktif.
✖ Dilarang promosi atau berjualan.

Adblock Detected

Like this blog ? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×