Pengertian Hardisk Beserta Jenis dan Fungsi nya

Pengertian Hardisk Beserta Jenis Dan Fungsinya - Hallo sahabat blogger, kali ini saya akan mengulas tentang Teknologi, dan kali ini yang akan di bahas adalah Tentang Hardisk, Jenis Hardisk dan Fungsi Hardisk.

Gambar Ilustrasi Pengertian Hardisk

Sebelum ke topik pembahasan, apa salah nya saya bertanya terlebih dahulu mengenai Hardisk. Apa temen-temen tahu Hardisk ? pasti jawaban nya tahu betul yakni sebuah perangkat keras atau Hardware. atau masih ada yang belum tahu ? hmm 😯

Oke deh dari pada lama-lama kita langsung aja ke Inti pembahasan. Next To The Point. Cekidot.

Apa Itu Hardisk

Hardisk adalah sebuah perangkat keras (Hardware) yang merupakan suatu media penyimpanan data yang terdiri dari sebuah piringan logam magnetis yang keras dan piringan logam ini akan berputar sangat cepat jika sedang di operasikan untuk membaca dan menulis data pada piringan tersebut.

Tidak hanya sebuah pirangan logam, Hardisk juga terdiri dari komponen-komponen lain nya seperti spindel motor untuk memutarkan piringan logam, Head Optic untuk membaca dan menulis "Read & Write" (RW), Logic Board (PCB) yang berguna untuk monitoring aktivitas komponen lain sekaligus menghunbungkan komponen satu dengan yang lain nya.

Piringan logam hardisk atau lempengan datar atau juga bisa disebut dengan Platter, setiap plater Hardisk berbeda-beda, ada yang mempunyai 2 head dan 4 head yang tersimpan di bagian atas dan bawah.
Gambar Bagian Dalam Hardisk
Bagian Dalam Hardisk

Jadi setiap plater yang menyimpan sebuah informasi data dalam sebuah lingakaran bundar yang bisa di sebut dengan "Track". Setelah itu Track tersebut akan di potong-potong menjadi beberapa bagian yang sering di sebut dengan "Sector".

Yang dimana setiap bagian-bagian Sector ini menampung sebuah informasi data yang berukuran sekitar 512 bytes. Nah, karena bagian sectore ini rentan dan rapuh dengan kerusakan fisik atau no-fisik, jadi Hardisk selau di tutup dengan rapat sehingga memastikan tidak ada udara atau debu yang masuk kedalam yang dapat menggores bagian sector tersebut.

Jenis-Jenis dan Macam Hardisk

#1. Hardisk - RAID

Hardisk jenis ini mengutamakan sebuah performa yang stabil dan cepat, tidak hanya di sisi performa, hardisk ini juga menawarkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Dan tidak hanya itu saja, dari segi harga yang terjangkau banyak komputer personal kelas low-end mengandalkan hardisk satu ini.


#2. Hardisk - EIDE atau ATA

Hardisk bertipe IDE yang singatan dari (Enhanced Intergrated Driver Electronic) atau tipe ATA (Advanced Technology Attachment) merupakan hardisk yang tidak jauh beda dengan hardisk RAID, tapi yang sedikit membedkan di sini adalah dari segi hardisk yang sudah jauh lebih di sempurnakan (Enhanced) dalam performa dan ke andalan nya (Advanced).

#3. Hardisk - SATA

SATA (Serial Advanced Technologi Attchment) merupakan tipe hardisk Serial dari versi hardisk tipe ATA. karena di sebut dengan Serial nya, hardisk ini tidak menggunakan kabel seperti tipe hardisk EIDE/ATA yang berjumlah sekitar 39 Pins.

Tetapi hardisk satu ini menggunakan kabel tipis dan kecil yang memiliki total sekitar 2:3 dari kabel IDE. tidak hanya berbeda dari segi kabel, Sata juga memiliki kecepatan tranfer data yang sangat tinggi.

#4. Hardisk - DCSI

Hardisk tipe ini meanawarkan kecapatan, performa dan keandalan dalam mengolah data, hanya saja hardisk ini cenderung lebih mahal dari hardisk pada umum nya. Tetapi dengan kemahalan tersebut tingkat hardisk ini jauh lebih baik dari hardik-hardisk lain nya.

Karena hardisk ini mengusung BUS SCSI dari pada BUS PCI, yang mengakses data dapat dilakukan ke berbagai drive secara bersaman tanpa takut kehilangan performa dan kecepatan.

Fungsi Hardisk


Mungkin kita sudah tahu Fungsi Utama Hardisk adalah sebagai media penyimpan data yang bisa berupa file, dokumen, foto, musik dan video. dan hardisk itu sendiri menyimpan data untuk dalam jangka waktu lebih lama tapi bukan berartian hardisk sebagai media penyimpanan secara permanen.

Karena perangkat keras atau Hardisk ada kalanya mengalami keruskan dan jika hardisk sering di gunakan untuk menyimpan data dan menghapus data (RW) dalam jangka waktu lama, maka seiring dengan waktu, tingkat daya simpan hardisk itu akan menurun dan kemungkinan besar hardisk itu tidak bisa lebih lama menyimpan data yang tersimpan (Bad Sector).

Akhir Kata :

Oke sahabat blogger, seperti nya cukup sampai disini kita mengulas tentang Hardisk, Jika kalian suka dengan konten-konten yang ada di blog Caraku31, silahkan tinggalkan komentar di bawah dan jangan lupa di share ya 😀.

0 Response to "Pengertian Hardisk Beserta Jenis dan Fungsi nya"

Posting Komentar

◢ Notes :
✔ Berkomentarlah dengan baik dan sopan.
✔ Harap berkomentar sesuai dengan topik pembahasan.

✖ Dilarang membuat keributan.
✖ Dilarang menyertakan link aktif.
✖ Dilarang promosi atau berjualan.

Adblock Detected

Like this blog ? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker

Thank you

×